Pengertian Pasar Oligopoli

Pengertian Pasar Oligopoli

Pasar Oligopoli adalah sebuah pasar dimana penawaran satu jenis barang hanya dikuasai oleh beberapa penjual saja. Umumnya lebih dari 2 penjual tapi tidak lebih dari 10. Pasar Oligopoli termasuk dalam pasar persaingan tidak sempurna karena hanya dikuasai oleh sedikit penjual namun dengan banyak pembeli.
Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memosisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.

Contoh dari Pasar Oligopoli adalah Pabrik Semen, SPBU, Pabrik Mobil dan Pabrik Rokok.

Ciri Ciri Pasar Oligopoli :

  • Terdapat beberapa penjual di pasar (umumnya kurang dari 10) dengan banyak pembeli di pasar
  • Barang yang diperjualbelikan relatif homogen namun terdiferensiasi. Contohnya adalah sabun mandi dengan berbagai aroma dan bentuk, telepon seluler dengan berbagai ragam tenologi dan tampilan, dan lainnya.
  • Penjual di pasar oligopoli memiliki kemampuan dalam menentukan harga karena adanya perbedaan dari masing-masing produk yang ditawarkan.
  • Masing-masing penjual bersaing sangat ketat dengan penjual lainnya. Persaingan terutama melalui promosi besar-besaran serta perang harga. Perang harga yang dimaksud terjadi ketika suatu perusahaan bermaksud untuk menurunkan harga agar memperoleh pangsa pasar yang lebih besar, namun diikuti dengan penurunan harga oleh perusahaan lain sehingga pada akhirnya pangsa pasar yang diperoleh oleh masing-masing perusahaan adalah tetap, namun dengan harga jual yang lebih rendah.
  • Produsen baru dapat memasuki pasar oligopoli ini walau sulit. Dibutuhkan modal yang besar untuk dapat bersaing dalam pasar oligopoli. Terutama ketika perusahaan yang sudah lama kemudian menurunkan harga besar-besaran (predatory pricing) sehingga membuat perusahaan baru sulit bertahan.

Jenis Jenis Pasar Oligopoli :

Oligopoli Murni (pure oligopoly)
Adalah pasar dimana barang yang diperjualbelikan bersifat identik. Misalnya: semen, air mineral, seng.

Oligopoli Terdiferensiasi (differentiated oligopoli)
Adalah pasar dengan barang yang homogen namun dapat dibedakan. Misalnya : sabun, sepeda motor, laptop

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopoli

Kelebihan:

  • Konsumen memiliki lebih banyak pilihan terhadap barang yang ingin dikonsumsinya.
  • Persaingan antar produsen dapat memberikan keuntungan bagi konsumen, terutama karena akan meningkatkan kesadaran produsen untuk memuaskan kebutuhan konsumen.
  • Perusahaan umumnya terus melakukan inovasi sehingga produk semakin berkembang.

Kekurangan:

  • Perang harga antar produsen sering terjadi.
  • Produsen menggelontorkan banyak dana untuk iklan dan promosi agar produknya dapat dibedakan dengan produk dari produsen lainnya.
  • Pemborosan sumber daya ekonomi

Sumber : wikipedia dan studiobelajar.com

Baca juga artikel yang lain :
Mahasiswa dan Jiwa Nasionalisme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
30 + 4 =


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Share via